01/12/19

Mencegah Virus, Malware dan Pembajakan Android Smartphone

loading...

Menangkal Virus Pada Smartphone Android


Smartphone saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Dari kehidupan keseharian kita. Karena setia tahun industri handphone selalu mengeluarkan produk terbaru  mereka. Misal awal tahun ini saja sudah banyak smartphone yang rilis dengan harga yang beragam. Dan kelebihan yang ditonjolkan pun bervariasi

Tentu pasti ada pihak yang memanfaatkan hal ini dengna cara curang untuk memperoleh keuntungan. Yak mereka disebut Cracker (hacker jahat).
Dengan keterampilan, mereka merauk untung banyak namun dengan cara yang merugikan entah konsumen atau produsen.
Berbagai macam trik mereka lakukan untuk meretas info pribadi pengguna smartphone. Yaitu dengan halaman WEB Phising, atau memasukan malware kedalam aplikasi dan juga Web yang mereka kelola/

So jadi ini Tips yang dapat menghindarkan atau sekedar meminimalisir agar tidak terjadi pada anda

1.Tidak mengunjungi Situs Web/Blog yang tidak jelas

website atau blog yang tidak jelas ini banyak bertebaran di internet, kebanyakan dari situs  tersebut menampilkan iklan yang tidak pantas, dan ada yang niat membuat web phising.

Web Phising
Nah biasanya situs ini bisa berisi halaman palsu yang meniru halaman asli (seperti kalau anda menang undian lewat sms kalian akan di beri halam palsu yang mirip dengan halaman asli supaya kamu percaya)

Situs Berbahaya
Situs ini yang sudah terpasang virus dapat meminta smartphone kamu agar memberikan data atau mengijinkan virus masuk ke HP kamu,Pernah tidak mengunjungi halaman namun tidak bisa karena ada peringatan berbahaya? Nah Biasanya situs itu berpotensi berisi Virus dan Malware.

Ya walapun tidak semuanya. Namun tetap harus hati Alagi jika kamu asal mengKlik Link berbahaya entah berupa text ataupun gambar seperti iklan

2. Mendownload Aplikasi/APK di MarketPlace

Perlu kita tahu saat ini banyak berbagai website dan pesan broadcast yang memberikan link download aplikasi smartphone,

Nah Aplikasi yang kamu download bisa saja berisi malware, atau tanpa kita sadari link tersebut bisa saja mengarahkan kita untuk men-download aplikasi yang berisi spyware ataupun malware.

Ada juga setelah kamu mengistal aplikasi itu hp kamu walaupun tidak di pakai muncul iklan terus pada layar utama berulang kali. Serem kan

Maka baiknya jika kita men-download aplikasi untuk smartphone dari marketplace yang resmi seperti Playstore,Appsore dll.
Atau bisa juga mengunjungi Situs Aplikasi Resmi seperti WhatsApp.com/Instagram.com


3. Jangan Root Smartphone

“Tindakan meng-root smartphone merupakan hal yang dapat membuat garansi menjadi hilang” katanya Namun Bisa di Unroot lagi aslinya hahaha

karena ada kemungkinan file system terhapus dan smartphone lebih mudah untuk dimasuki virus. Maka produsen sengaja  diberikan sanksi tersebut, karena dapat membahayakan si pengguna smartphone.

Untuk pengguna yang dengan smartphone root memang ada banyak kelebihan yang bisa didapat namun bahaya nya juga bertambah hp tersebut mudah tercuri data dan bisa saja dikendalikan orang luar mirip orang yang sudah tidak ada perlindungan dari orang tua.

Untuk orang yang sudah berpengalaman mungkin bisa menangkis. Namun jika hanya ingin iseng2 sebaiknya jangan, biasnaya orang(pengguna) smartphone Root sudah bisa Flash Smartphone mereka sendiri.

4. Menggunakan Anti Virus

Cara ini menurut gua sih cocok untuk kamu yang sekedar pengguna, Kalau saya kalau kepepet saja makainya. Karena Aplikasi Anti virus biasanya memakai penyimpanan dan RAM yang cukup besar. Karena bekerja setiap saat memantau Gadget anda

Mungkin bagi sebagian orang, khususnya bagi pembisnis menggunakan antivirus menjadi hal yang harus, karena setiap harinya mereka melakukan transaksi, baik itu menggunakan e-banking, e-commerce, dan lainnya.

Agar data dan kemanan Gadget mereka terjaga. Gawat kan kalau data perusahaan mereka hilang atau data mereka tercuri bakal bikin banyak kerugian tu.

Penutup

Bagi anda Pembisnis, Dapat menerapkan cara diatas untuk mencegah hal yang tidak diinginkan
Untuk pemakai biasa tidak ada salahnya juga memakai cara diatas agar data pribadi anda tetap aman tersimpan dan terjaga. Terimakasih

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar